Internet Connection Sharing (ICS) pada Windows 10


Internet Connection Sharing (ICS) adalah nama yang diberikan oleh Microsoft untuk fitur dari sistem operasi Windows untuk berbagi satu koneksi internet pada satu komputer ke komputer lainnya pada jaringan area lokal yang sama, menggunakan DHCP dan Network Address Translation (NAT).

Berikut adalah langkah-langkah konfigurasinya :

1. Kita buka CMD dengan menggunakan hak akses administrator

2. Setelah itu pastikan NIC laptop yang anda gunakan support atau tidak untuk dibuat hotspot nantinya. Ketik perintah "netsh wlan show driver".

3. Setelah itu kita atur hotspotnya dengan memasukkan perintah "netsh wlan set hostednetwork mode=allow ssid=namajaringan key=password". 

4. Jika hotspot telah kita atur, saatnya kita aktifkan dengan menggunakan perintah "netsh wlan start hostednetwork". 

5. Sekarang kita masuk ke Network Connection pada Control Panel, dan lihat ada interface baru "Local Area Connection *11" yang dengan sendirinya muncul setelah kita mengatur hostednetwork tadi.

6. Selanjutnya kita atur agar Local Area Connection 11 dapat menggunakan internet access yang ada pada laptop. Disini saya menggunakan WI-FI sehingga yang saya konfigurasi adalah Wi-Fi Adapter. Klik kanan Wi-fi Adapter lalu pilih properties, lalu pada tab sharing kita centang Internet Connection Sharing dan pilih Local Area Connection*11.


7. Sekarang kita coba koneksi nya melalui smartphone. Kita juga coba apakah telah mendapat internet access atau tidak.



Seperti yang terlihat bahwa smartphone dapat mendapat internet access dengan menggunakan jaringan yang telah kita buat tadi.

8. Jika kita telah selesai dan ingin menonaktifkan jaringan yang telah kita buat tadi kita ketik perintah "netsh wlan stop hosted network" 


 Demikian dari saya, apabila ada yang kurang jelas bisa ditanyakan pada kolom komentar. Terima Kasih








Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk "Internet Connection Sharing (ICS) pada Windows 10"

  1. Min, apakah wajib mematikan Wi-Fi hostpot dengan mengetikkan perintah tersebut, bagaimana jika langsung shutdown?

    ReplyDelete